13 Februari 2013

Perawatan Pada Saat Mabung

 Perawatan Pada Saat Mabung

Ini adalah cara perawatan tetangga sebelah yang telah mengantarkan burung Murai Batunya bernama"Elang Sakti" menjadi Grand Champion Indonesia dan terbukti ampuh. Tentunya masing-masing kicaumania punya cara sendiri-sendiri dalam merawat burung kesayangannya. Tergantung karakter dan tipikal burung yang bersangkutan.

Banyak sekali pemain murai batu, baik yang pemula maupun yang sudah top terjebak pada saat mengkondisikan MB jawaranya setelah mabung, hal ini dikarenakan karena keinginannya untuk segera melombakan kembali burung jawaranya. Ada beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan pada saat merawat murai waktu mabung dan jangan pernah melanggarnya.

Kebersihan kandang harus tetap terjaga. Bersihkan kandang setiap hari.

Porsi extra fooding jangkrik di kurangi saat burung mau mabung. Misal saat normal 5 jangkrik, kurangi jadi 2 jangkrik masing-masing pagi dan sore. Kroto ditambahkan dari 2 sendok makan menjadi 3 sendok makan. Selama mulai rontok bulu burung tidak perlu di jemur.

Kurangi mandi saat burung mulai rontok bulu dari setiap hari menjadi 2-3 hari sekali. Sambil kandang dibersihkan.

Rubah waktu mandi antara jam 12:00 - 13:00 setelah mandi burung langsung di kerodong dalam kondisi basah dan jangan di angin-anginkan.

Beri larutan Growvit pada air minumnya (tidak usah terlalu banyak cukup sebesar pentol korek saja untuk tiap cangkir air minum).
>
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...